Liburan Lancar, Kargo Aman Bersama PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) Strategi Layanan Saat Peak Season Nyepi, Idul Fitri dan Cuti Bersama 2025

CS, Surabaya – Libur Idul Fitri identik dengan lonjakan aktivitas layanan di pelabuhan dan terminal, termasuk di Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan aktivitas layanan di TPS antara lain arus masuk barang untuk kebutuhan Idul Fitri, pembatasan operasional truk di jalan nasional (baik tol maupun non-tol), serta libur nasional dan cuti bersama. Selain itu, TPS juga mengantisipasi potensi lonjakan layanan karena adanya hal/peristiwa tak terduga seperti kongesti di pelabuhan asal (loading port) maupun pelabuhan tujuan (destination port) yang mungkin akan berdampak pada peningkatan okupansi lapangan
penumpukan (Yard Occupancy Ratio – YOR).

Untuk itu, TPS telah menyiapkan serangkaian strategi dalam rangka memastikan kelancaran layanan. Diantara strategi yang akan dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan YOR, adalah berkoordinasi dengan Bea Cukai dalam hal izin pengaturan area penumpukan peti kemas ekspor dan impor. Langkah kedua adalah pelaksanaan housekeeping atau pembersihan lapangan penumpukan peti kemas impor, yang bertujuan untuk menyiapkan ruang penumpukan bagi peti kemas impor yang akan datang setelah proses pembongkaran dari kapal. Langkah ketiga adalah peningkatan operasional stack height menjadi 5 tumpukan (tier) untuk kapal feeder, yang akan meningkatkan kapasitas penumpukan untuk peti kemas ekspor tujuan Singapura atau Tanjung Pelepas, Malaysia.
Langkah antisipatif selanjutnya adalah dengan melakukan Pemindahan Lokasi Penimbunan (PLP) ke Lini II di luar area TPS untuk peti kemas yang telah lebih dari 3 hari berada di lapangan penumpukan TPS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2017 tentang Batas Waktu Penumpukan (Long Stay) di Pelabuhan Utama Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Makassar.

Direktur Operasi TPS, Rino Wisnu Putro mengungkapkan bahwa TPS telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran operasional selama peak season, baik dari sisi operasional, SDM, engineering, IT, serta safety and security. “Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kelancaran arus barang selama periode sibuk ini,” ujar Rino. Dari sisi operasional, TPS akan beroperasi non-stop 24 jam, 7 hari dalam seminggu, kecuali pada Hari H Idul Fitri. Pada Hari H+1, TPS akan kembali beroperasi normal mulai pukul 00:01 WIB. Bagi pengguna jasa yang memiliki keluhan atau pertanyaan terkait layanan TPS, Customer Service TPS siap membantu (24/7) dan dapat dihubungi melalui saluran telepon di (031) 320 2020 atau melalui email ke alamat CS@tps.co.id.
Dengan berbagai langkah persiapan yang telah disusun, TPS optimis dapat menjaga kelancaran operasional dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa selama periode peak season Libur Hari Raya Nyepi, Idul Fitri dan Cuti Bersama 2025.(tsb)

Related Posts

TPS Salurkan Bantuan TJSL untuk Perbaikan Fasilitas Belajar PKBM Budi Utama Surabaya

CS, Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak usaha dari SubholdingPelindo Terminal Petikemas (SPTP) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung sektor pendidikan melalui penyaluran bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan…

Lanjut Baca
TPS Kembangkan Inovasi Teknologi Deteksi Kerusakan Container Secara Otomatis

CS, Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi berbasis teknologi dengan meluncurkan Automatic Container Damage Detection System (ADDS), sebuah sistem cerdas yang dirancang untuk…

Lanjut Baca

Terkait

TPS Salurkan Bantuan TJSL untuk Perbaikan Fasilitas Belajar PKBM Budi Utama Surabaya

  • By admin
  • Mei 16, 2025
  • 28 views
TPS Salurkan Bantuan TJSL untuk Perbaikan Fasilitas Belajar PKBM Budi Utama  Surabaya

TPS Kembangkan Inovasi Teknologi Deteksi Kerusakan Container Secara Otomatis

  • By admin
  • Mei 14, 2025
  • 24 views
TPS Kembangkan Inovasi Teknologi Deteksi Kerusakan Container Secara Otomatis

TPS Perkuat Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID

  • By admin
  • Mei 13, 2025
  • 37 views
TPS Perkuat Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID

Transformasi TPS di Bidang Kepatuhan dan Tata Kelola Diapresiasi Dalam Indonesia Regulatory Compliance Award 2025

  • By admin
  • Mei 10, 2025
  • 38 views
Transformasi TPS di Bidang Kepatuhan dan Tata Kelola Diapresiasi Dalam Indonesia Regulatory Compliance Award 2025

Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas, TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

  • By admin
  • Mei 7, 2025
  • 43 views
Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas,  TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan, TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS

  • By admin
  • Mei 5, 2025
  • 40 views
Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan,  TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS