TPS Perkuat Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID

CS, Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), entitas anak perusahaan dari Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), terus menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik sebagai wujud penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan transparan. Sebagai perusahaan yang beroperasi di sektor jasa kepelabuhanan, TPS menyadari pentingnya keterbukaan informasi kepada publik, khususnya bagi pengguna jasa, pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas. Komitmen ini selaras dengan amanat Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), yang mendorong setiap badan publik untuk menyediakan informasi yang relevan, akurat, terkini
dan mudah diakses oleh masyarakat.

Dalam upaya mengoptimalkan implementasi UU KIP, TPS telah membentuk serta memperkuat fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan perusahaan. PPID TPS berperan strategis dalam mengelola informasi publik secara terstruktur, mulai dari proses pendataan, klasifikasi, hingga penyediaan informasi yang dapat diakses publik, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip keterbukaan, kecuali untuk informasi
yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai wujud implementasi keterbukaan informasi, TPS telah menghadirkan menu khusus PPID di situs resmi perusahaan, yang menyajikan berbagai informasi terkini, mulai dari capaian kinerja, laporan tahunan, hingga laporan keuangan. Seluruh informasi tersebut tersedia secara terbuka dan dapat diakses oleh publik kapan saja melalui laman www.tps.co.id.

“Transparansi bukan sekadar kewajiban regulatif, melainkan nilai budaya kerja yang terus kami tanamkan. Kami meyakini bahwa keterbukaan informasi merupakan fondasi untuk membangun kepercayaan publik dan memperkuat akuntabilitas perusahaan”, ujar Erika A. Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS. TPS juga secara proaktif membuka ruang dialog dengan pelanggan dan pemangku kepentingan melalui forum diskusi, sosialisasi layanan, serta penyediaan kanal pengaduan dan masukan. Pendekatan ini merupakan bagian dari strategi public engagement yang tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas layanan, tetapi juga diarahkan untuk membangun ekosistem pelayanan yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan para pemangku kepentingan.
Dengan terus memperkuat sistem informasi yang transparan dan akuntabel, TPS menargetkan untuk memberikan kontribusi nyata dalam mendorong terciptanya industri logistik nasional yang lebih efisien, terpercaya, dan berdaya saing.(tsb)

Related Posts

Kerja sama TPS dan Bea Cukai Institusi Kepabeanan ASEAN Bahas Efisiensi Pengelolaan Logistik Internasional dan Koordinasi Lintas Batas di Surabaya

CS, Surabaya – Sebagai bagian dari upaya mempercepat reformasi sektor logistik, para perwakilan dari institusi kepabeanan negara anggota ASEAN berkumpul di Surabaya untuk mengikuti Regional Workshop on Time Release Study…

Lanjut Baca
TPS Raih Penghargaan Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2025

CS, Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak perusahaan dari Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), kembali memperoleh rekognisi dalam ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2025 yang diselenggarakan…

Lanjut Baca

Terkait

Kerja sama TPS dan Bea Cukai Institusi Kepabeanan ASEAN Bahas Efisiensi Pengelolaan Logistik Internasional dan Koordinasi Lintas Batas di Surabaya

  • By admin
  • Juni 21, 2025
  • 25 views
Kerja sama TPS dan Bea Cukai  Institusi Kepabeanan ASEAN Bahas Efisiensi Pengelolaan Logistik Internasional  dan  Koordinasi Lintas Batas di Surabaya

TPS Raih Penghargaan Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2025

  • By admin
  • Juni 20, 2025
  • 27 views
TPS Raih Penghargaan Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2025

SPTP dan TPS Inisiasi Program Kolaboratif Peduli Lingkungan melalui Pendirian Bank Sampah

  • By admin
  • Juni 15, 2025
  • 41 views
SPTP dan TPS Inisiasi Program Kolaboratif Peduli Lingkungan melalui Pendirian  Bank Sampah

Arus Peti Kemas TPS Pada Bulan Mei 2025 Naik 13 Persen

  • By admin
  • Juni 10, 2025
  • 50 views
Arus Peti Kemas TPS Pada Bulan Mei 2025 Naik 13 Persen

Peringatan Idul Adha : TPS Wujudkan Kepedulian Sosial Melalui Program Kurban Berkelanjutan

  • By admin
  • Juni 8, 2025
  • 48 views
Peringatan Idul Adha : TPS Wujudkan Kepedulian Sosial Melalui Program Kurban Berkelanjutan

TPS Siapkan Antisipasi Layanan Untuk Jamin Kelancaran Arus Logistik Selama Libur Idul Adha

  • By admin
  • Juni 5, 2025
  • 67 views
TPS Siapkan Antisipasi Layanan Untuk Jamin Kelancaran Arus Logistik Selama Libur  Idul Adha