Liburan Lancar, Kargo Aman Bersama PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) Strategi Layanan Saat Peak Season Nyepi, Idul Fitri dan Cuti Bersama 2025

CS, Surabaya – Libur Idul Fitri identik dengan lonjakan aktivitas layanan di pelabuhan dan terminal, termasuk di Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan aktivitas layanan di TPS antara lain arus masuk barang untuk kebutuhan Idul Fitri, pembatasan operasional truk di jalan nasional (baik tol maupun non-tol), serta libur nasional dan cuti bersama. Selain itu, TPS juga mengantisipasi potensi lonjakan layanan karena adanya hal/peristiwa tak terduga seperti kongesti di pelabuhan asal (loading port) maupun pelabuhan tujuan (destination port) yang mungkin akan berdampak pada peningkatan okupansi lapangan
penumpukan (Yard Occupancy Ratio – YOR).

Untuk itu, TPS telah menyiapkan serangkaian strategi dalam rangka memastikan kelancaran layanan. Diantara strategi yang akan dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan YOR, adalah berkoordinasi dengan Bea Cukai dalam hal izin pengaturan area penumpukan peti kemas ekspor dan impor. Langkah kedua adalah pelaksanaan housekeeping atau pembersihan lapangan penumpukan peti kemas impor, yang bertujuan untuk menyiapkan ruang penumpukan bagi peti kemas impor yang akan datang setelah proses pembongkaran dari kapal. Langkah ketiga adalah peningkatan operasional stack height menjadi 5 tumpukan (tier) untuk kapal feeder, yang akan meningkatkan kapasitas penumpukan untuk peti kemas ekspor tujuan Singapura atau Tanjung Pelepas, Malaysia.
Langkah antisipatif selanjutnya adalah dengan melakukan Pemindahan Lokasi Penimbunan (PLP) ke Lini II di luar area TPS untuk peti kemas yang telah lebih dari 3 hari berada di lapangan penumpukan TPS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2017 tentang Batas Waktu Penumpukan (Long Stay) di Pelabuhan Utama Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Makassar.

Direktur Operasi TPS, Rino Wisnu Putro mengungkapkan bahwa TPS telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran operasional selama peak season, baik dari sisi operasional, SDM, engineering, IT, serta safety and security. “Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kelancaran arus barang selama periode sibuk ini,” ujar Rino. Dari sisi operasional, TPS akan beroperasi non-stop 24 jam, 7 hari dalam seminggu, kecuali pada Hari H Idul Fitri. Pada Hari H+1, TPS akan kembali beroperasi normal mulai pukul 00:01 WIB. Bagi pengguna jasa yang memiliki keluhan atau pertanyaan terkait layanan TPS, Customer Service TPS siap membantu (24/7) dan dapat dihubungi melalui saluran telepon di (031) 320 2020 atau melalui email ke alamat CS@tps.co.id.
Dengan berbagai langkah persiapan yang telah disusun, TPS optimis dapat menjaga kelancaran operasional dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa selama periode peak season Libur Hari Raya Nyepi, Idul Fitri dan Cuti Bersama 2025.(tsb)

Related Posts

Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas, TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

CS, Surabaya – Dukung transformasi dan standarisasi pada Subholding Pelindo terminal Petikemas (SPTP), Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mengikutsertakan 16 Pekerja dalam program pelatihan tentang Technical Planning and Control atau layanan…

Lanjut Baca
Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan, TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS

CS, Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), perusahaan yang merupakan bagian dari Grup Pelindo dan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), menegaskan komitmennya dalam mewujudkan pelabuhan yang bersih serta menjalankan…

Lanjut Baca

Terkait

Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas, TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

  • By admin
  • Mei 7, 2025
  • 23 views
Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas,  TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan, TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS

  • By admin
  • Mei 5, 2025
  • 25 views
Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan,  TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS

Lanjutkan ESG Journey dan Transformasi, TPS Ajak Pelanggan & Pemangku Kepentingan Menanam Pohon Buah

  • By admin
  • Mei 2, 2025
  • 28 views
Lanjutkan ESG Journey dan Transformasi,  TPS Ajak Pelanggan & Pemangku Kepentingan Menanam Pohon Buah

Memasuki Usia 26 Tahun, PT Terminal Petikemas Surabaya Mengusung Tema ELEVATE

  • By admin
  • Mei 1, 2025
  • 39 views
Memasuki Usia 26 Tahun, PT Terminal Petikemas Surabaya Mengusung Tema ELEVATE

Awali ESG Journey Bersama Customer, TPS Adakan Fun Trekking

  • By admin
  • April 29, 2025
  • 50 views
Awali ESG Journey Bersama Customer, TPS Adakan Fun Trekking

KSOP Utama Tanjung Perak Apresiasi Sinergitas Unsur Maritim di Wilayah Tanjung Perak

  • By admin
  • April 25, 2025
  • 47 views
KSOP Utama Tanjung Perak Apresiasi Sinergitas Unsur Maritim di Wilayah Tanjung Perak