TPS Perkuat Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID

CS, Surabaya – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), entitas anak perusahaan dari Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), terus menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik sebagai wujud penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan transparan. Sebagai perusahaan yang beroperasi di sektor jasa kepelabuhanan, TPS menyadari pentingnya keterbukaan informasi kepada publik, khususnya bagi pengguna jasa, pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas. Komitmen ini selaras dengan amanat Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), yang mendorong setiap badan publik untuk menyediakan informasi yang relevan, akurat, terkini
dan mudah diakses oleh masyarakat.

Dalam upaya mengoptimalkan implementasi UU KIP, TPS telah membentuk serta memperkuat fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan perusahaan. PPID TPS berperan strategis dalam mengelola informasi publik secara terstruktur, mulai dari proses pendataan, klasifikasi, hingga penyediaan informasi yang dapat diakses publik, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip keterbukaan, kecuali untuk informasi
yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai wujud implementasi keterbukaan informasi, TPS telah menghadirkan menu khusus PPID di situs resmi perusahaan, yang menyajikan berbagai informasi terkini, mulai dari capaian kinerja, laporan tahunan, hingga laporan keuangan. Seluruh informasi tersebut tersedia secara terbuka dan dapat diakses oleh publik kapan saja melalui laman www.tps.co.id.

“Transparansi bukan sekadar kewajiban regulatif, melainkan nilai budaya kerja yang terus kami tanamkan. Kami meyakini bahwa keterbukaan informasi merupakan fondasi untuk membangun kepercayaan publik dan memperkuat akuntabilitas perusahaan”, ujar Erika A. Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS. TPS juga secara proaktif membuka ruang dialog dengan pelanggan dan pemangku kepentingan melalui forum diskusi, sosialisasi layanan, serta penyediaan kanal pengaduan dan masukan. Pendekatan ini merupakan bagian dari strategi public engagement yang tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas layanan, tetapi juga diarahkan untuk membangun ekosistem pelayanan yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan para pemangku kepentingan.
Dengan terus memperkuat sistem informasi yang transparan dan akuntabel, TPS menargetkan untuk memberikan kontribusi nyata dalam mendorong terciptanya industri logistik nasional yang lebih efisien, terpercaya, dan berdaya saing.(tsb)

Related Posts

Transformasi TPS di Bidang Kepatuhan dan Tata Kelola Diapresiasi Dalam Indonesia Regulatory Compliance Award 2025

CS, Surabaya – Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dengan penuh syukur dan bangga membawa pulang penghargaan NOTABLE ENTERPRISE IN REGULATORY COMPLIANCE (Gold) di sektor Transportation (Storage and Logistic) pada ajang Indonesia…

Lanjut Baca
Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas, TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

CS, Surabaya – Dukung transformasi dan standarisasi pada Subholding Pelindo terminal Petikemas (SPTP), Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mengikutsertakan 16 Pekerja dalam program pelatihan tentang Technical Planning and Control atau layanan…

Lanjut Baca

Terkait

TPS Perkuat Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID

  • By admin
  • Mei 13, 2025
  • 11 views
TPS Perkuat Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID

Transformasi TPS di Bidang Kepatuhan dan Tata Kelola Diapresiasi Dalam Indonesia Regulatory Compliance Award 2025

  • By admin
  • Mei 10, 2025
  • 20 views
Transformasi TPS di Bidang Kepatuhan dan Tata Kelola Diapresiasi Dalam Indonesia Regulatory Compliance Award 2025

Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas, TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

  • By admin
  • Mei 7, 2025
  • 27 views
Dukung Transformasi dan Standarisasi Berkelanjutan di Pelindo Terminal Petikemas,  TPS Ikuti Pelatihan Technical Planning & Control

Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan, TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS

  • By admin
  • Mei 5, 2025
  • 31 views
Laksanakan Komitmen Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan,  TPS Lakukan Audit SMAP dan BCMS

Lanjutkan ESG Journey dan Transformasi, TPS Ajak Pelanggan & Pemangku Kepentingan Menanam Pohon Buah

  • By admin
  • Mei 2, 2025
  • 32 views
Lanjutkan ESG Journey dan Transformasi,  TPS Ajak Pelanggan & Pemangku Kepentingan Menanam Pohon Buah

Memasuki Usia 26 Tahun, PT Terminal Petikemas Surabaya Mengusung Tema ELEVATE

  • By admin
  • Mei 1, 2025
  • 45 views
Memasuki Usia 26 Tahun, PT Terminal Petikemas Surabaya Mengusung Tema ELEVATE